Taufiq, Anak Bandung Pencipta Robot Tenaga Matahari

Taufiqul Rahman saat memperlihatkan robot buatannya kepada istri Gubernur Jabar, Netty Heryawan. (Dok. SMAN 20 Bandung)
CITARUM, AYOBANDUNG.COM — Kualitas anak muda Bandung dalam hal inovasi sudah tak bisa diragukan lagi. Kini, inovasi itu malah sudah diciptakan dari pelajar yang masih duduk di bangku sekolah.

Adalah Taufiqul Rahman, siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 20 Bandung. Ia menciptakan robot dengan menggunakan energi tenaga matahari (solar cell system).

Robot yang dinamakan Sumorobot Solar Cell ini dibuatnya kurang lebih dalam waktu satu bulan. Awalnya, ia ingin menciptakan robot sederhana yang hemat energi.

Di sekolahnya, Taufiq mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotik. Jadi, “mengulik” robot, bukan hal yang aneh lagi buatnya. Meski begitu, bukan berarti pembuatan Sumorobot Solar Cell lancar-lancar saja. Berkali-kali ia harus mengalami trial and error.

“Pembuatan Sumorobot Solar Cell itu dibutuhkan waktu sebulan. Tapi banyak sekali trial and error-nya. Tidak langsung jadi,” katanya saat ditemui ayobandung di SMAN 20 Bandung, Kamis (1/3/2018).

Sumorobot Solar Cell terbuat dari perangkat keras besi dan baja. Dasarnya, kata Taufiq, robot ini seperti robot tempur, hanya saja dengan tampilan yang lebih sederhana.

Awalnya, ia mematangkan konsep untuk pembuatan robot sederhana ini. Meski sudah beberapa kali membuat robot, tetap saja ia harus memikirkan bagaimana sistemnya hingga robot ini bisa berjalan.

Kemudian ia mulai memilih hardware, software, dinamo, dan driver yang akan dipakai oleh robot ini.

Tak lupa, ia juga mempersiapkan program yang sesuai untuk bisa menggerakkan robot ini. Taufiq pun sering berdiskusi dengan guru dan teman-temannya untuk menentukan program mana yang akan dipilih.

Akhirnya, jadilah sebuah robot sederhana yang hemat energi. Sumorobot Solar Cell berukuran 8x10cm. Bisa menyimpan tenaga sebesar 15 volt. Ibaratnya bisa “ngecas” energi selama 3-4 jam. “Kalau disimpan di bawah sinar matahari malah bisa berjalan hingga 1-2 jam,” ucapnya.

Atas penemuannya yang kreatif ini, sekolah mengikut sertakan robot bikinan Taufiq ke beberapa perlombaan. Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan, pernah memuji Sumorobot Solar Cell saat ulang tahun SMA Negeri 20 saat beberapa bulan yang lalu.

Meski prestasi telah diukir, tapi Taufiq tak ingin berhenti berkarya. Sekarang ia punya rencana membikin robot anyar yang bisa berjalan di dalam air (under water) yang bisa mengambil sampah.

“Tentu saja enggak akan berhenti bikin robot. Tapi harus matang dulu dari inspirasi sampai konsepnya,” kata Taufiq memungkasi.

 

Sumber berita :

http://ayobandung.com/read/2018/03/01/29450/taufiq-anak-bandung-pencipta-robot-tenaga-matahari

Komentar

Related Post

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*