Edu Expo 2019 SMAN 20 Bandung Obor Penerang Para Siwa Masuk ke Perguruan Tinggi

 
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si,  membuka EduExpo 2019 SMAN 20 Bandung
 
SMAN 20 Bandung kembali menggelar acara tahunannya EduExpo (education expo).  Pameran pendidikan yang bertajuk  “Rigth Education To Brighten Your Future” digelar hari Rabu 9 Januari 2019 dan dibuka langsung oleh  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dr.Ir.Hj.Dewi Sartika, M.Si.                                                                     
 
“Pameran Pendidikan tahunan Ini  sudah yang ke – 4 kalinya digelar SMAN 20 Bandung, dan tentu saja harus bermanfaat khususnya bagi para siswa SMAN 20 Bandung yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri/swasta favorit yang diinginkan baik di dalam maupun luar negeri”, demikian harapan kepala SMAN 20 Bandung Dra. Hj. Heniyati, M.M.Pd.
 
Para siswa mendapat info lengkap tentang perguruan tinggi
 
Pameran pendidikan SMA 20  Bandung 2019 ini meriah sekali diikuti oleh 43 peserta yang terdiri dari 36 perguruan tinggi negeri dan swasta ditambah biro konsultasi perguruan tinggi luar negeri, program stan unggulan dan lainnya. Serta dimeriahkan oleh Tim Kesenian SMAN 20 Bandung asuhan Lina Mulyani yang menampilkan Rampak Kendang, Angklung, Tari Angsa, Tari Kalangan, gamelan, yang sudah melanglangbuana juga Kabaret, dll.                                                                            
Hadir juga dalam acara tesebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Wilayah VII  Husen R. Hasan, Pengawas Pembina SMAN 20 Asep R Mutaqin, S.Pd, M.M.Pd.,  Ketua Komite SMAN 20 Bandung Jhony  Aluwi  S.H., para kepala sekolah/perwakilan sekolah se-Kota Bandung dan Cimahi, guru BK siswa – siswi SMAN  20 Bandung serta siswa SMA lainnya di kota Bandung.
 
Kepala SMAN 20 Bandung Dra. Heniyati menyerahkan kenang-kenangan kepada Dr. Dewi Sartika
 
Untuk itu kepala SMAN 20 Bandung sangat berterima kasih sekali kepada orang tua siswa baik kelas X -XI- XII yang telah memberi suport secara materi dan non materi juga termasuk kepada para partisipan perguruan tinggi, bank, donatur, serta sponsor hingga EduExpo ini berjalan dengan baik. “Dari EduExpo ini besar harapan kami dapat memberi jembatan kepada anak-anak khususnya orang tua siswa untuk bisa berkonsultasi kepada beberapa perguruan tinggi yang diinginkan hingga anak-anak kami di tahun 2020 nanti dapat teserap 75% dari jumlah siswa yang ada. Perlu diketahui SMAN 20 ini berjumlah 1000 siswa”, demikian harapnya.
 
Demikian juga harapan Ketua Komite SMAN 20, Jhony Aluwi, semua Siswa SMAN 20 Bandung bisa lulus dengan baik 100% dan lebih dari 75% masuk ke perguruan tinggi, lebih banyak dari tahun sebelumnya. 
  
Harapan yang sama pun disampaikan secara terpisah oleh Kadinas Provinsi Jabar, Dewi Sartika. Siswa SMAN 20 Bandung dan semua siswa di Jabar bisa lulus 100% dan lebih banyak lagi yang masuk ke perguruan tinggi. Untuk itu perlu adanya peningkatan pembelajaran yang baik. Sedangkan untuk yang belum bisa meneruskan ke perguruan tinggi Dewi berharap sekolah bisa mengajarkan para siswa agar bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya baik dalam pengembangan keterampilan (eskul) maupun pengenalan organisasi.
 
Para panitia EduExpo 2019 – SMAN 20 Bandung
 
Allhamdulliah dengan adanya pameran pendidikan ini, tadi saya melihat ada banyak potensi yang luar biasa dari para siswa di sini. Ada grup Angklung yang sudah manggung di Malaysia, tari ke Jepang, dsb. Mereka tentunya dibekali dengan pengetahuan berorganisasi dan cara mengasah bakat yang ada pada dirinya. Jadi saya yakin tiap anak itu punya bakat dan kemampuannya sendiri dan pengembangannya ada yang ke perguruan ada yang yang melalui kursus-kursus keterampilan, tak masalah yang penting mereka jadi PD (percaya diri) untuk mandiri dan meraih sukses hidup”, demikian paparnya.
 
Dewi Sartika juga tak lupa Turut berduka cita atas meninggalnya seorang siswa SMK Baranangsiang Bogor, Andriana Yubelia Noven Cahya (penduduk Bandung)  yang  tewas dibunuh sepulang sekolah, karena kata Dewi, walau bagaimanapun itu anak kami. Untuk itu Dewi wanti-wanti kepada orang tua agar benar-benar menjaga anak-anaknya dan para kepala sekolah agar terus mendampingi dan mengawasi murid-muridnya. Juga kepada para siswa agar pandai-pandai memilih teman, tapi harus banyak teman, hindari permusuhan dan kalau pulang jangan sendirian dan lewat jalan yang sepi apalagi perempuan dan dan kalau pelakunya sudah ketemu harus dihukum sesuai hukum yang berlaku.
 
 
Dihibur Tim Kesenian SMAN  20 Bandung 
 
Sementara itu Dra. Euis Sopiah, M.M.Pd. Ketua Panitia Eduexpo (Wakasek Bidang Humas SMAN 20 Bandung)  mengatakan, ide megadakan EduExpo atau pameran pendidikan ini atas pertimbangan semua siswa khususnya kelas XII  yang akan meneruskan ke perguruan tinggi agar dapat mengetahui informasi secara mudah dan cepat. “Karena selama ini kalau perguruan tinggi mensosialisasikan secara satuan akan lama dan tidak tercover semua. Oleh karena itu maka muncul ide mengadakan EduExpo yang mana perguruan tingi  negeri / swasta  juga perguruan tinggi luar negeri kami hadirkan untuk memfasilitasi anak-anak kita sehingga mereka tahu dan faham dapat informasi penuh tentang berbagai  perguruan tinggi. Jadi ini bisa membantu menentukan pilihan mereka sesuai kemampuan, potensi dan minatnya, dan allhamdulilah acara yang digelar ke-empat kalinya ini tiap tahun berjalan dengan sukses, hingga waktu yang digelar dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore ini tak pernah sepi dari pengunjung,” demikian pungkasnya. (Asep GP)***
 
Sumber berita :
http://www.bandungepapers.com/2019/01/eduexpo-2019-sman-20-bandung-obor.html
Komentar

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*