Pelepasan Siswa SMAN 20 Kota Bandung Di Bulan Ramadhan Penuh Dengan Keberkahan

majalahsora.com. Kota Bandung – Pelepasan siswa kelas XII SMAN 20 Bandung digelar di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan.

Dilaksanakan hari Senin 20 Mei 2019, di kampusnya Jalan Citarum No 23 Bandung.

Berkaitan dengan kegiatan itu Dra. Hj. Heniyati, M.M.Pd., Kepala SMAN 20 mengatakan bahwa kegiatan pelepasan siswa di bulan Ramadhan, merupakan kali pertama dilaksanakan oleh sekolahnya.

Pelepasan burung

Untuk pengumuman kelulusannya telah diserahkan pada tanggal 13 Mei 2019 lalu.

“Alhamdullilah, hari ini kami melaksanakan kegiatan pelepasan siswa kelas XII. Hal ini menjadi yang pertama karena waktunya pas di bulan Ramadhan, ” ujar Heni, disela-sela kegiatan, Senin (20/5/2019) siang.

“Oleh karena itu saya selaku kepala sekolah merasa bersyukur dan bangga terhadap anak-anak, karena mau dikondisikan untuk melaksanakan kegiatan ini di sekolah serta tepat di bulan Ramadhan. Artinya bulan Ramadhan ini tidak dijadikan sebagai kendala dalam melaksanakan sebuah kegiatan (pelepasam siswa). Terbukti kegiatan ini bisa berjalan lancar,” tambah Heni.

Lulusan berprestasi tahun 2019

Hal utama yang membahagiakan dirinya, guru serta keluarga besar SMAN 20 Bandung, dikarenakan seluruh siswa kelas XII nya lulus 100 persen, berjumlah 362 siswa dari jurusan IPA dan IPS.

Kegiatan pelepasan siswanya diberi tema “Menjadi Generasi yang Bertakwa dan Tangguh Demi Menyongsong Masa Depan yang Gemilang”.

Pada awal kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh siswa kelas XI yang tahfidz Quran.

Syaritilawah/terjemahnya diartikan ke dalam 4 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Jepang dan Sunda. Hal tersebut menjadi ciri khas tersendiri di SMAN 20.

Bersama Kepala SMAN 20

Untuk terjemah Bahasa Indonesia dibawakan oleh M Yasyfi siswa kelas XI IPA 3, Bahasa Inggris oleh Dimas kelas XI IPA 1, Bahasa Jepang oleh Tedi kelas XI IPA 1 dan yang terakhir dalam Bahasa Sunda oleh Akbar kelas XI IPA 7.

Masih pada kegiatan yang sama, para lulusan SMAN 20 menyerahkan sumbangan berupa pohon, ikan, burung, dan pakaian seragam layak pakai untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan (adik kelasnya).

Tetkait hal itu Hj. Euis Wakasek Humas SMAN 20, memaparkan bahwa para lulusannya selama menimba ilmu di sekolah ini, sudah dibiasakan peduli terhadap lingkungan, seperti hal di atas.

Tania

“Sekolah kami merupakan sekolah budaya literasi dan adiwiyata lingkungan. Pada tahun 2019 ini berhasil meraih Adiwiyata Mandiri. Hal itu tidak terlepas dari pembiasaan terhadap lingkungan termasuk kepada siswa kelas XII yang kini telah lulus,” katanya.

“Mereka menyumbang ikan untuk dipelihara di kolam ikan yang ada di SMAN 20, begitu juga dengan pohon dan tanaman hias yang akan ditanam di sekolah kami. Suatu bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang membanggakan,” imbuh Euis.

Kegiatan lainnya ada pelepasan burung, secara simbolis dilakukan serentak oleh kepala sekolah, komite, manajemen dan para wali kelas.

Lulusan berprestasi

Sementara itu Drs. Surya Mijaya
Wakasek Kesiswaan SMAN 20, menjelaskan bahwa pelepasan burung secara simbolis ini, memaknai sebagai melepas siswa kelas XII untuk menggapai cita-cita setinggi langit.

Lebih lanjut dirinya memaparkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi lulusannya, karena tahun ini ada 36 putra putri terbaik SMAN 20 Bandung yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan.

Kesemua siswa tersebut diterima diberbagai PTN negeri seperti ITB dan UNPAD. Terdapat pula 29 siswa yang telah mendaftar di universitas swasta bergengsi di Kota Bandung. Tentunya jumlanya akan bertambah dengan adanya jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) serta sekolah-sekolah kedinasan.

Di kesempatan yang sama majalahsora.com berhasil mewawancarai Muhamad Daniel dari kelas XII IPS 1 dan Tiara Sofia dari kelas XII IPA 1, sebagai siswa berprestasi non akademik. Mengenai kesan dan pesan selama bersekolah di SMAN 20.

Daniel

“Saya di sini banyak pembelajaran dan cerita indah. Untuk itu saya berpesan kepada teman-teman jangan pernah sia-siakan waktu SMA. Nikmati tapi jangan sampai terlena dan menghancurkan masa depan kita,” ucap Daniel.

Sedangkan Tiara siswa berpretasi di cabang taekwondo mendoakan agar SMAN 20 Bandung makin bertabur prestasi.

Dari catatan yang diterima majalahsora.com tahun lalu ada 165 lulusannya yang diterima di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Tahun ini pihak SMAN 20 berharap 200 lulusannya bisa masuk PTN. [SR]***

 

Sumber berita :

  • https://majalahsora.com/pelepasan-siswa-sman-20-kota-bandung-di-bulan-ramadhan-penuh-dengan-keberkahan/
Komentar

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*