Disdik Jabar Gelar Sosialisasi Draf Akhir Pergub PPDB 2021

DEPOK, DISDIK JABAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menggelar Sosialisasi Draf Peraturan Gubernur (Pergub) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 di Pendopo SMAN 4 Depok, Jln. Jeruk Raya No. 1, Kota Depok, Kamis (8/4/2021). 

Sosialisasi ini dihadiri anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar serta kepala dan pengawas sekolah di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II.

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, sosialisasi ini adalah tahap akhir sebelum draf disahkan sebagai Pergub. “Jadi, sebelum nanti ditetapkan, kita akan uji publik sekali lagi dengan anggota dewan dan tenaga pendidik di sini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, memang ada beberapa perbedaan peraturan antara Pergub PPDB tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya, desentralisasi kewenangan (Kepala Cabang Dinas Pendidikan) menjadi ketua panitia PPDB, terakomodasinya sekolah swasta dalam sistem pendaftaran PPDB serta penggunaan jalur afirmasi bagi keluarga terdampak bencana/pandemi. 

“Ini adalah hasil evaluasi dari PPDB tahun-tahun sebelumnya agar hasilnya lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar, Abdul Hadi Wijaya mengatakan, poin utama dari PPDB ini adalah transparansi. “Visi besarnya, PPDB harus transparan dan berkeadilan. Jangan sampai ada peserta didik yang gara-gara tidak dapat informasi cukup jadi gagal masuk ke sekolah yang diinginkan,” tuturnya. 

Melalui sosialisasi ini, ia berharap para panitia PPDB di satuan pendidikan bisa tercerahkan dan mampu melaksanakan PPDB sesuai Pergub dan Juknis. “Kami harap, dengan hampir tuntasnya draf ini bisa jadi pegangan kuat,” ujarnya.

Salah seorang peserta sosialisasi, Edy Sukmara mengapresiasi sosialisasi draf Pergub PPDB 2021. Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FKKSS) Kota Bogor ini menilai, selain karena dihadiri berbagai stakeholder, mulai dari anggota dewan hingga kepala sekolah, PPDB tahun 2021 memberikan ruang bagi sekolah swasta. 

“Di Pergub ini kita diberi ruang yang diikuti kebijakan-kebijakan yang mendukung sekolah swasta. Saya menghaturkan terima kasih kepada tim yang sudah menyusun draf ini,” ungkap Kepala SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor tersebut.***

 

Sumber berita :

  • http://disdik.jabarprov.go.id/news/2519/disdik-jabar-gelar-sosialisasi-draf-akhir-pergub-ppdb-2021
Komentar

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*