DPRD Jabar Apresiasi Draf Pergub PPDB 2021

DEPOK, DISDIK JABAR – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi draf akhir Peraturan Gubernur (Pergub) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 yang disusun Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar. 

“Draf Pergub PPDB 2021 ini berprioritas pada keadilan, dimana ada pilihan negeri dan swasta saat pendaftaran PPDB,” ujar anggota Komisi V DPRD Jabar, Neng Madinah Ruhiat dalam Sosialisasi Draf Pergub PPDB Tahun 2021 di Pendopo SMAN 4 Depok, Jln. Jeruk Raya No. 1, Kota Depok, Kamis (8/4/2021).

Anggota Komisi V lainnya, Ali Rasyid pun mengapresiasi fleksibilitas peraturan pendaftaran PPDB. “Banyak daerah yang masih terkendala jaringan. Sehingga, dengan kebijakan pendaftar bisa mendaftar secara luring ke sekolah itu sangat bagus,” imbuhnya.

Menanggapi Komisi V DPRD Jabar, Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menegaskan, peraturan harus diterapkan fleksibel. “Karena, setiap daerah itu berbeda-beda. Jadi, tentu saja harus ada inovasi dengan fleksibilitas ini,” ujarnya.

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, sosialisasi ini adalah tahap akhir sebelum draf disahkan sebagai Pergub. “Jadi, sebelum nanti ditetapkan, kita akan uji publik sekali lagi dengan anggota dewan dan tenaga pendidik di sini,” imbuhnya. 

Setelah Pergub ini ditetapkan, lanjut Kadisdik, turunan peraturan PPDB akan diatur dalam Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB 2021.

Menurut Kadisdik, ada beberapa perbedaan peraturan antara Pergub PPDB tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya, desentralisasi kewenangan (Kepala Cabang Dinas Pendidikan) menjadi ketua panitia PPDB, terakomodasinya sekolah swasta dalam sistem pendaftaran PPDB, dan penggunaan jalur afirmasi bagi keluarga terdampak bencana/pandemi. 

“Ini adalah hasil evaluasi PPDB tahun-tahun sebelumnya agar hasilnya lebih baik,” pungkasnya.***

 

Sumber berita :

  • http://disdik.jabarprov.go.id/news/2518/dprd-jabar-apresiasi-draf-pergub-ppdb-2021
Komentar

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*