Visi :
Terwujudnya Peserta Didik yang Religius, Berkarakter, Kompetitif, Berliterasi Tinggi, dan Berbudaya Lingkungan
Misi :
-
Meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama.
-
Mengembangkan sikap jujur, adil, rendah hati, bersikap dan berperilaku penuh hormat.
-
Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
-
Meningkatkan kemampuan literasi peserta didik agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.
-
Meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan, dan mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
Tujuan SMA Negeri 20 Bandung
- Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
- Pembentukan karakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila
- Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri serta menyadari arti penting ibadah tersebut.
- Berpartisipasi aktif pada kegiatan keagamaan atau kepercayaan.
- Melaksanakan pembiasaan sikap yang berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada seluruh mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
- Melaksanakan penilaian secara holistik berbasis dimensi Profil Pelajar Pancasila.
- Mendorong seluruh peserta didik mencapai predikat minimal BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
- Membentuk iklim sekolah yang demokratis dan cinta tanah air.
- Proses belajar yang dapat mengembangkan potensi diri secara maksimal
- Mendorong tingkat keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran mencapai minimal 95%.
- Mengelola proses pembelajaran agar tingkat kepuasan peserta didik mencapai minimal 90%.
- Menyelenggarakan Program Unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada setiap semester.
- Keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif
- Mengintegrasikan project based learning pada seluruh mata pelajaran.
- Memfasilitasi seluruh peserta didik menghasilkan minimal 2 produk kreatif per tahun dari pembelajaran projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.
- Melaksanakan proses asesmen yang berpusat pada penilaian formatif dengan 25% instrument penilaian HOTS.
- Mewujudkan warga sekolah yang memiliki kecerdasan dan etika digital.
- Penguasaan enam literasi dasar
- Membekali semua peserta didik agar mampu menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) 100% dengan benar pada tingkat level kognitif 1.
- Membekali semua peserta didik agar mampu menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) 80% dengan benar pada tingkat level kognitif 2.
- Membekali semua peserta didik agar mampu menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) 60% dengan benar pada tingkat level kognitif 3.
- Penerapan berbudaya lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
- Mengikut sertakan 100 % peserta didik untuk selalu menjaga lingkungan sekolah agar bersih, hijau, sejuk, rindang, aman, dan nyaman.
- Mendorong 100 % peserta didik agar menjaga lingkungan di sekitarnya agar bersih, hijau, sejuk, rindang, aman, dan nyaman.
- Pembentukan karakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila
- Tujuan jangka menengah ( 3 Tahun)
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
- Menyusun beban belajar yang manageable, berkualitas dengan pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan bermakna.
- Membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
- Membekali peserta didik dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewarganegaraan).
- Memfasilitasi peserta didik untuk melampaui kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran minimal tingkat SMA, baik literasi maupun numerasi.
- Memfasilitasi peserta didik untuk mampu menghasilkan karya yang original.
- Memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan kecakapan hidup dan berprestasi sesuai minat dan bakatnya.
- Tujuan jangka Panjang ( 5 Tahun)
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila.
- Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga Pendidikan akademik/vokasi/kedinasan terbaik sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
- Menghasilkan lulusan yang terampil berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dapat menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan diri sesuai dengan minat serta bakatnya agar dapat berperan aktif di masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewarganegaraan).
- Menghasilkan lulusan yang peduli terhadap lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada.
Komentar